10 Manfaat Likopen Bagi Kesehatan (Fakta Tentang Likopen)

10 Manfaat Likopen Bagi Kesehatan (Fakta Tentang Likopen)

10 Manfaat Likopen Bagi Kesehatan (Fakta Tentang Likopen) - Hallo sahabat Tabloid Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 10 Manfaat Likopen Bagi Kesehatan (Fakta Tentang Likopen), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : 10 Manfaat Likopen Bagi Kesehatan (Fakta Tentang Likopen)
link : 10 Manfaat Likopen Bagi Kesehatan (Fakta Tentang Likopen)

Baca juga


10 Manfaat Likopen Bagi Kesehatan (Fakta Tentang Likopen)

Likopen merupakan senyawa karetenoid yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Senyawa likopen inilah yang membuat buah-buahan dan sayuran memiliki warna merah ataupun kuning tua.

Buah dan sayuran yang memiliki kandungan likopen seperti tomat, semangka, wortel, pepaya, jambu biji dan jeruk bali.

Tomat
Tomat Kaya akan Kandungan Likopen | Photo credit: Pixabay.com

Apakah Anda suka tomat? Jika tidak, setelah mendengar tentang manfaat antioksidan likopen yang luar biasa ini, Anda akan rajin mengonsumsi tomat.

Likopen memiliki fungsi penting sebagai antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas. Bahaya radikal bebas dapat menyebabkan penyakit serius seperti kanker, penyakit jantung dan aterosklerosis.

Likopen disebut sebagai fitonutrien pencegahan kanker, paling sering ditemukan dalam tomat. Selain itu likopen juga terdapat pada sejumlah buah dan sayuran.

Likoen mempunyai beberapa sifat yang sama dengan beta-karoten, tapi tentunya terdapat perbedaan antara keduanya.

Likopen bertanggung jawab sebagai pigmen dalam makanan, misalnya warna merah pada tomat, walaupun perlu diketahui bahwa tidak semua buah dan sayuran merah mengandung antioksidan ini.

Berikut berbagai macam manfaat senyawa likopen:

1. Mencegah Kanker

Likopen memiliki kontribusi sangat penting untuk mencegah dan menghambat perkembangan beberapa jenis kanker.

Alat MRI Scan
Photo credit: Wikipedia.org

Sebuah penelitian oleh para ilmuwan di University of Portsmouth yang dipublikasikan tahun 2016 untuk meneliti khasiat likopen dalam memperlambat pertumbuhan kanker payudara dan kanker prostat.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa senyawa likopen secara signifikan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan payudara.

Pada penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition tahun 2016 degan menyertakan lebih dari 46.000 pria menunjukkan adanya hubungan antara asupan likopen tinggi dan penurunan risiko kanker prostat secara signifikan.

Pada penelitian, secara khusus mencatat konsumsi saus tomat memiliki peran penting dalam proses tersebut.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Archives of Biochemistry and Biophysics tahun 2015 menemukan bahwa likopen dapat menghambat pertumbuhan sel kanker ginjal yang termasuk jenis paling umum dari tumor ginjal yang ganas. Likopen berkontribusi penting dalam pencegahan jenis kanker ini.

Penelitian lainnya juga menemukan kontribusi likopen dalam mengatasi infeksi HPV, penyebab utama kanker rahim.

Hal yang menarik bahwa penelitian-penelitian tersebut secara eksklusif meneliti asupan likopen, bukan suplementasi.

Ada manfaat signifikan yang diperoleh dari konsumsi makanan-makanan yang mengandung likopen dengan kaya nutirisi, dimana tidak dapat diduplikasi dalam bentuk suplemen.


2. Likopen Termasuk Salah Satu Antioksidan Paling Kuat

Antioksidan memiliki peran yang sangat penting, apalagi di masa sekarang orang-orang umumnya mengonsumsi makanan olahan yang kurang sehat dan kurang nutrisinya.

Bahkan betapa banyak makanan yang terapar pestisida sekarang ini. Atrazine dan dichlorvos merupakan dua pestisida yang paling sering digunakan di AS untuk melindungi tanaman dari serangga.

Kedua jenis pestisida tersebut memiliki efek racun dalam tubuh manusia. Dan Kita di masa sekarang tampaknya sangat sulit untuk bisa melepaskan diri dari paparan bahan kimia.

Untungnya, kemampuan  senyawa likopen dapat melindungi tubuh dari bahaya dan kerusakan yang disebabkan oleh pestisida.

Likopen adalah salah satu senyawa antioksidan yang memiliki fungsi sangat penting dalam melindungi tubuh.

Studi menunjukkan bahwa antioksidan berfungsi untuk melindungi liver (organ hati) dari bahaya dichlorvos (pestisida).

Bahan kimia lain yang perlu diwaspadai adalah MSG karena dapat menimbulkan efek samping seperti  sakit kepala, mual, kemerahan, berkeringat, mati rasa dan tubuh melemah.

Dampak buruk MSG dapat menyebabkan kematian sel-sel otak. Untungnya, sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa likopen mampu melindungi sel-sel otak dari kerusakan yang ditimbulkan MSG.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Lycopene mampu melindungi mata Anda dari kerusakan yang ditimbulkan oleh stres oksidatif. Stres oksidatif merupakan salah satu penyebab penyakit mata umum.

Pada percobaan yang dilakukan oleh Departemen Farmakologi di Institut Sains Medis, India, yang dipublikasikan tahun 2003, menemukan bahwa likopen memiliki potensi untuk berkhasiat mencegah atau menunda katarak pada sebagian besar kasus.

Penelitian lainnya juga menemukan bahwa likopen memiliki kontribusi dalam pencegahan penyakit degenerasi makula terkait usia. Likopen menunjukkan sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

4. Untuk Kesehatan Jantung

Likopen telah terbukti berkontribusi untuk perlindungan jantung dari sejumlah besar kondisi umum. Likopen menjadi salah satu nutrisi yang direkomendasikan untuk menurunkan tingkat tekanan darah tinggi.

Ilustrasi Sakit Jantung
Photo credit: Pixabay.com

Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan resiko beberapa penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner, aterosklerosis dan iskemia miokard (terhambatnya aliran darah ke jantung yang disebabkan penyumbatan arteri).

Penelitian telah menemukan bahwa kadar likopen yang tinggi dalam aliran darah terkait dengan tingkat kematian yang lebih rendah pada orang-orang yang mengalami penyakit jantung akibat sindrom metabolik.


5. Menjaga Kekuatan Tulang

Selama ini mungkin orang-orang mengira hanya vitamin K dan kalsium saja yang memiliki peran dalam menyehatkan dan membuat tulang kuat.

Sebenarnya ada kandungan lain yang berperan dalam pertumbuhan tulang yang baik, seperti likopen. Peran kandungan senyawa ini mampu meredakan stres oksidatif pada tulang.

Bahaya stres oksidatif dapat menyebabkan struktur tulang menjadi rapuh dan lemah. Peran Likopen mampu memperlambat apoptosis (kematian sel) yang merupakan penyebab tulang melemah.

6. Untuk Kesehatan Otak

Likopen memiliki manfaat neurologis yang menarik, misalnya mencegah perkembangan penyakit Alzheimer dengan cara memperbaiki kerusakan sel dan melindungi sel yang sehat.

Ilustrasi Kesehatan Otak
Photo credit: Flickr.com / A Health Blog

Fitonutrien ini juga menunjukkan sifat restoratif terhadap serangan epilepsi. Kondisi kejang akan menghambt aliran oksigen ke otak dan beresiko menyebabkan kerusakan otak permanen jika berangsung lama.

Pada sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Phytotheraphy Research tahun 2016, para ilmuwan menemukan bahwa senyawa likopen tidak hanya dapat mencegah masalah kejang di masa depan, tetapi juga memperbaiki kerusakan saraf di otak akibat kejang.

Konsumsi makanan yang tinggi lemak dan tidak sehat secara umum, telah diketahui menghambat perkembangan kognitif.

Para peneliti di Cina menemukan bahwa likopen dapat mengatasi masalah penurunan memori dan gangguan belajar pada orang-orang yang mengonsumsi makanan tinggi lemak (tidak sehat).

7. Membantu Pengobatan Diabetes

Walaupun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, likopen telah ditemukan memiliki beberapa manfaat positif dalam pengobatan diabetes tipe II.

Senyawa likopen memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar glukosa darah dan mengurangi stres oksidatif. Hal itu karena likopen termasuk senyawa antioksidan yang terkuat.

loading...

8. Mencegah Stroke

Mengonsumsi makanan yang kaya akan likopen bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit stroke. Sifat antioksidan yang dimiliki likopen berfungsi untuk mencegah pembentukan bekuan darah. Pembekuan darah merupakan penyebab utama penyakit stroke.

Selain itu, Likopen memiliki sifat anti inflamasi (melawan peradangan) pada pembuluh darah di dalam otak, hal ini sangat penting sebagai perlindungan dari resiko stroke.

9. Untuk Kesuburan Pria
Penelitian telah menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara mengonsumsi asupan makanan mengandung likopen tinggi secara rutin dengan meningkatnya jumlah sperma pada pria.

Penelitian sedang dilakukan untuk melihat efek dari Likopen dalam menyembuhkan masalah infertilitas di kalangan pria.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Likopen memiliki kontribusi penting dalam mekanisme pertahanan tubuh. Senyawa likopen mendorong fungsi sistem kekebalan tubuh agar bertindak lebih cepat dalam melawan penyakit dan penyebabnya.

Likopen yang merupakan antioksidan kuat bekerja untuk menghalau radikal bebas penyebab penyakit, bahkan likopen memiliki kemampuan untuk mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

Makanan yang Mengandung Likopen Terbaik

Jika berbicara tentang senyawa likopen, dari penelitian yang telah dilakukan maka lebih sering untuk meneliti tomat, padahal terdapat banyak makanan lainnya yang mengandung tinggi likopen.

Berikut makanan yang kaya akan kandungan likopen:
  • Tomat
  • Pepaya
  • Mangga
  • Jambu biji
  • Jeruk bali
  • Semangka
  • Asparagus
  • Kol merah
  • Wortel

Tomat mengandung jumlah likopen yang sangat tinggi, uniknya ketika tomat dicerna dalam bentuk sayuran sup maka akan dihasilkan tiga kali lebih banyak likopen daripada jika tomat masih berbentuk buah segar. Ingat!! Tomat yang lebih gelap memiliki kandungan likopen terbanyak.

Buah pepaya juga hendaknya dikonsumsi karena merupakan sumber likopen yang luar biasa. Peyaya dan jambu biji merah memberikan jumlah asupan likopen yang sama.

Jambu biji merah ataupun merah muda memiliki kandungan likopen yang tinggi. Selain likopen, jambu biji juga merupakan sumber Vitamin C, serat dan Omega-3.

Semangka masak memiliki warna merah yang indah dengan rasa yang lezat. Adanya kandungan likopen membuat buah berair ini menjadi favorit orang-orang. Selain itu semangka juga merupakan diuretik dan sumber serat yang baik.

Berbagai Hal Tentang Senyawa Likopen

Likopen adalah antioksidan kuat yang mampu melindungi dan memulihkan tubuh dari kerusakan yang disebabkan penyakit.

Anda bisa memperoleh banyak asupan likopen dengan cara mengonsumsi tomat, semangka, dan buah atau sayuran umum lainnya.

Untuk mendapatkan asupan likopen sebaiknya yang berasal dari makanan. Hal itu karena suplemen seringkali tidak memberikan manfaat seperti yang diharapkan, bahkan penggunaan suplemen memiliki resiko efek samping.

Likopen terkadang disebut sebagai:
  • Antioksidan (menetralisir efek dari radikal bebas berbahaya)
  • Phytonutrisi (nutrisi organik yang ada dalam tanaman yang memiliki antioksidan dan anti-inflamasi). 
  • Karotenoid

Manfaat likopen yang juga sangat penting yaitu berkontribusi dalam pencegahan kerusakan DNA.

Referensi:
Dr. Axe. Lycopene: A Powerful Antioxidant to Help Prevent Cancer & Keep Your Heart Healthy.
Assar, et al. NCBI. Lycopene acts through inhibition of IκB kinase to suppress NF-κB signaling in human prostate and breast cancer cells. Tumour Biology. 2016. 37(7):9375-85.
Graff, et al. NCBI. Dietary lycopene intake and risk of prostate cancer defined by ERG protein expression.The American Journal of Clinical Nutrition. 2016. 103(3):851-60.
Sahin, et al. NCBI. Lycopene in the prevention of renal cell cancer in the TSC2 mutant Eker rat model. Archives of Biochemistry and Biophysics. 2015. 572:36-39.
Gupta, et al. NCBI. Lycopene attenuates oxidative stress induced experimental cataract development: an in vitro and in vivo study. 2003. 19(9):794-9.
Bhardwaj, Kumar. NCBI. Neuroprotective Effect of Lycopene Against PTZ-induced Kindling Seizures in Mice: Possible Behavioural, Biochemical and Mitochondrial Dysfunction. Phytotheraphy Research. 2016. 30(2):306-13.
Radhakrishnan, M. Stylecraze (2018). 18 Amazing Benefits Of Lycopene For Skin, Hair and Health


Demikianlah Artikel 10 Manfaat Likopen Bagi Kesehatan (Fakta Tentang Likopen)

Sekianlah artikel 10 Manfaat Likopen Bagi Kesehatan (Fakta Tentang Likopen) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel 10 Manfaat Likopen Bagi Kesehatan (Fakta Tentang Likopen) dengan alamat link https://www.wallpaperramp.com/2018/08/10-manfaat-likopen-bagi-kesehatan-fakta.html
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment