11 Tanaman Pengusir Nyamuk dari Rumah Secara Ampuh

11 Tanaman Pengusir Nyamuk dari Rumah Secara Ampuh

11 Tanaman Pengusir Nyamuk dari Rumah Secara Ampuh - Hallo sahabat Tabloid Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 11 Tanaman Pengusir Nyamuk dari Rumah Secara Ampuh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aktifitas, Artikel Pengetahuan Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : 11 Tanaman Pengusir Nyamuk dari Rumah Secara Ampuh
link : 11 Tanaman Pengusir Nyamuk dari Rumah Secara Ampuh

Baca juga


11 Tanaman Pengusir Nyamuk dari Rumah Secara Ampuh

Seperti diketahui bahwa gigitan nyamuk membuat gatal dan sangat mengganggu di malam hari.

Dampak terburuk dari gigitan nyamuk yaitu menyebabkan penyakit berbahaya seperti malaria ataupun demam berdarah.

Terdapat beberapa cara untuk menghalau nyamuk agar tidak menggigit kulit manusia, seperti menggunakan penyemprot nyamuk, obat nyamuk bakar, soffel (losion) dan beberapa lainnya.

Selain itu Anda bisa mengusir nyamuk dengan cara memelihara tanaman tertentu. Ini merupakan cara alami menghalau nyamuk yang jauh lebih aman dibandingkan menggunakan obat nyamuk bakar yang asapnya berdampak buruk untuk kesehatan.

Berikut tanaman yang bisa Anda letakan agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah:

1. Basil (Selasih)

Kemangi atau Selasih
Photo: https://www.publicdomainpictures.net/en/view-image.php?image=172005&picture=basil-in-ceramic-pot

Hasil studi yang diterbitkan di Journal of Asia-Pacific Entomology tahun 2009 telah menunjukkan bahwa minyak esensial dari tanaman ini beracun bagi jentik nyamuk. Fungsi basil dapat membunuh jentik nyamuk dan mengusir nyamuk.

Anda bisa meletakkan tanaman basil di dekat jendela atau di tempat strategis lainnya sehingga membuat nyamuk kabur.

2. Peppermint

Daun Peppermint
Photo: LZF/SHUTTERSTOCK

Peppermint sangat populer karena manfaat daunnya sebagai penyegar mulut, serta menghilangkan bau napas yang tidak sedap.

Sehingga banyak ditemukan produk obat kumur, pasta gigi, hingga permen karet yang mengandung aroma peppermint.

Peppermint dapat Anda andalkan untuk mengusir nyamuk dari rumah atau ruangan, selain itu juga dapat membunuh telur atau larva dari beberapa spesies.

Aroma mint mampu menghalau nyamuk untuk kelur dari tempat Anda. Selain itu, tanaman ini dapat menjadi tambahan bumbu di dapur Anda.

3. Lavender

Tanaman Lavender

Selain mengusir nyamuk, tanaman lavender juga dapat mengusir beberapa serangga terbang lainnya seperti nyamuk, lalat dan ngengat.

Bau bunganya yang terkenal seakan seperti parfum, sehingga manfaat lain dari memelihara tanaman lavender yaitu dapat mengharumkan udara di sekitar.

Kemampuan tanaman lavender ini tidak diragukan lagi, karena tanaman lavender sudah sangat sering dijadikan bahan utama produk-produk lotion anti-nyamuk.

4. Rosemary

Rosemary

Tanaman Rosemary terlihat indah dan dapat memunculkan aroma wangi yang bisa mengganggu indera penciuman nyamuk, selain itu fungsi radar nyamuk juga menjadi kacau sehingga tidak dapat menghisap darah manusia.

Rosemary memiliki bau yang tajam untuk mengusir nyamuk. Hal menarik dari tanaman ini dapat dengan baik tahan dari hama dan penyakit, sehingga perawatannya lebih mudah.

5. Serai Wangi (Sereh)

Tanaman Sereh

Seperti diketahui, sereh banyak digunakan sebagai campuran bumbu masakan, selain itu tanaman sereh dapat Anda manfaatkan untuk mengusir nyamuk dari rumah.

Tanaman sereh mampu mengusir nyamuk karena mengandung tinggi geraniol dan sitronnellol.  Dimana kedua kandungan itu dapat menghasilkan aroma yang menyakiti nyamuk, bahkan dapat membunuh nyamuk.

6. Catnip

Tanaman Catnip

Tanaman catnip (Nepeta cataria) sering digunakan untuk merangsang kucing sehingga menjadi sangat aktif, dimana ketika kucing mendekati tanaman ini maka akan terjadi perubahan perilaku pada diri kucing.

Tanaman catnip dapat Anda gunakan untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini mengandung minyak esensial berupa nepetalactone, yang tidak disukai oleh nyamuk.

Perlu diketahui, tanaman catnip bisa tumbuh tinggi sehingga tempat menanamnya hendaknya tidak di area yang bisa menghalangi pandangan.


7. Bawang putih

Tanaman Bawang Putih

Bawang putih sudah umum diketahui sebagai rempah-rempah terpopuler di masyarakat. Selain itu, perlu diketahui bahwa bawang putih dapat menjadi tanaman pengusir nyamuk yang efektif.

Bawang putih juga mengandung belerang yang dapat membunuh larva nyamuk. Bau bawang putih dapat mengusir nyamuk.

Anda bisa memotong atau menghancurkan beberapa siung bawang putih, lalu letakan di dekat ambang jendela rumah.

Atau Anda juga bisa memelihara tanaman bawang putih.

8. Lemon Balm

Tanaman Lemon Balm

Lemon balm dapat Anda pelihara untuk mengusir nyamuk dari rumah, hal itu karena di dalam lemom balm terkandung senyawa stronelal.

Anda dapat dapat menaruh tanaman lemon balm di halaman depan rumah atau area pekarangan. Yang perlu diketahui, tanaman lemon balm bisa tumbuh tinggi.

9. Marigold

Tanaman Marigold

Marigold berasal dari Mesiko dan Guatemala. Tanaman yang memiliki tampilan indah ini memiliki aroma yang kuat.

Anda bisa memanfaatkannya untuk mengusir nyamuk. Anda bisa menaruhnya di pot sehingga dapat membuat pemandangan di rumah menjadi sangat menyenangkan.

10. Geranium

Tanaman Geranium

Geranium memiliki sedikit aroma lemon, taruhlah tanaman ini di tempat strategis untuk menusir nyamuk.

Pada tanaman ini terdapat bunga-bunga indah yang tidak disukai nyamuk. Buanga-buanganya memiliki warna cerah sehingga dapat juga menjadi hiasan rumah.

Pada tanaman geranium beraroma ini, terdapat kandungan kecil minyak sereh dalam kadar sedikit yang berguna untuk menghalau nyamuk-nyamuk keluar dari rumah Anda.

11. Pennyroyal

Tanaman Pennyroyal

Pennyroyal dapat menjadi pengusir nyamuk alami, selain itu juga dapat mengusir lalat dan kutu. Tanaman ini sangat ditakuti nyamuk.

Pennyroyal sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan produk anti serangga. Hanya saja perlu diingat, tanaman pennyroyal hendaknya dihindarkan dari bayi dan wanita hamil.



Demikianlah Artikel 11 Tanaman Pengusir Nyamuk dari Rumah Secara Ampuh

Sekianlah artikel 11 Tanaman Pengusir Nyamuk dari Rumah Secara Ampuh kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel 11 Tanaman Pengusir Nyamuk dari Rumah Secara Ampuh dengan alamat link https://www.wallpaperramp.com/2018/08/11-tanaman-pengusir-nyamuk-dari-rumah.html
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment