12 Makanan yang Meningkatkan Energi Tubuh Secara Instan

12 Makanan yang Meningkatkan Energi Tubuh Secara Instan

12 Makanan yang Meningkatkan Energi Tubuh Secara Instan - Hallo sahabat Tabloid Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 12 Makanan yang Meningkatkan Energi Tubuh Secara Instan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aktifitas, Artikel Makanan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : 12 Makanan yang Meningkatkan Energi Tubuh Secara Instan
link : 12 Makanan yang Meningkatkan Energi Tubuh Secara Instan

Baca juga


12 Makanan yang Meningkatkan Energi Tubuh Secara Instan

Sudah umum diketahui, tidur larut malam menyebabkan tubuh menjadi tidak fit pada keesokan harinya.

Selain itu, tubuh yang tidak fit, terasa lemas dan tidak bersemangat juga bisa diakibatkan oleh konsumsi makanan yang kurang baik atau kurang sehat.

Pisang
Photo credit: Wikimedia.org

Sangat penting untuk memilih makanan yang sehat dan bergizi, dan hindari makanan yang kurang sehat.

Makanan kurang sehat seperti junk food, gorengan, fast food, mie instan dan semacamnya.

Terdapat beberapa makanan yang manfaatnya efektif untuk meningkatkan energi tubuh secara instan, sehingga Anda siap untuk menjalankan berbagai aktivitas padat seharian.

Berikut makanan yang disarankan dikonsumsi agar tubuh berenergi:

1. Pisang

Konsumsi pisang dapat memberikan energi untuk tubuh dalam beraktivitas. Pisang merupakan sumber karbohidrat, vitamin B6 dan potasium.

Berbagai kandungan di dalam pisang mampu meningkatkan level energi dalam tubuh secara signifikan.

2. Apel

Apel juga merupakan sumber serat dan karbohidrat yang baik, apel juga tinggi kandungan gula alami.

Kandungan di dalam apel membuat pelepasan energi yang lebih lambat dan berkelanjutan.

Apel kaya akan antioksidan. Penelitian telah menemukan bahwa senyawa antioksidan memiliki peran dalam memperlambat pencernaan karbohidrat, hal ini membuat periode pelepasan energi di dalam tubuh bisa lebih panjang.

3. Beras Merah

Anda bisa sesekali mengganti beras putih menjadi beras merah. Hal itu karena beras merah sangat kaya akan nutrisi

Berkat kandungan seratnya, beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah. Hal ini sangat baik untuk menghindari diabetes, namun disaat bersamaan energi tubuh tetap terjaga dengan baik.

Pakar gizi telah menjelaskan bahwa beras merah mengandung vitamin B1, B6, dan B12 yang tinggi. Vitamin B memiliki fungsi penting berupa kontribusinya dalam pembentukan energi tubuh.

Beras merah juga mengandung antioksidan dan berbagai senyawa penting lainnya. Pakar kesehatan telah menyebutkan khasiat beras merah dalam membantu pencegahan penyakit kanker dan beberapa penyakit degeneratif.


4. Ubi Jalar

Ubi jalar sebagai sumber energi bagi tubuh, dan juga memiliki kandungan gizi yang patut diperhitungkan seperti karbohidrat tinggi, serat dan vitamin A.

Berkat kandungan serat, mangan dan karbohidrat kompleks di dalamnya, konsumsi ubi jalar akan memberikan tenaga bagi tubuh untuk bisa menjalankan aktivitas sehari-hari.

5. Telur

Konsumsi telur dapat memberikan energi bagi tubuh Anda. Hal yang spesial yaitu telur kaya akan protein yang memberikan Anda sumber energi yang stabil.

Konsumsi telur juga tidak menyebabkan lonjakan gula darah. Namun, konsumsi telur tetap harus dibatasi.

Telur kaya akan vitamin B yang memiliki peran penting dalam proses memecah makanan menjadi energi.

Selain itu, telur mengandung leusin yang merupakan asam amino berfungsi untuk merangsang produksi energi tubuh. Terdapat segudang manfaat lainnya yang dimiliki telur.

6. Cokelat Gelap atau Hitam

Cokelat hitam lebih baik daripada cokelat biasa atau susu. Antioksidan tinggi dalam coklat hitam memberikan manfaat kesehatan.

Salah satunya manfaatnya yaitu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga pengiriman oksigen ke otak dan otot di dalam tubuh berjalan dengan baik, yang sangat penting untuk memaksimalkan fungsi bagian-bagian tubuh.

Selain itu, dengan lancarnya aliran darah dapat meningkatkan mood dan meminimalisir kelelahan mental.

7. Alpukat

Alpukat sering disebut sebagai makanan super karena nutrisinya yang tinggi. Alpukat mengandung serat, vitamin B, lemak sehat dan banyak lainnya.

Lemak sehat bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan nutrisi di dalam tubuh dan memberikan energi bagi tubuh.

Kosumsi alpukat akan memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga mencegah Anda makan berlebihan. Alpukat dapat membantu diet Anda selama dikonsumsi dalam jumlah wajar.

Selain itu, alpukat mengandung air sehingga membantu tubuh untuk terhidrasi dengan baik.

8. Edamame

Konsumsi kacang edamame sebagai makanan ringan dapat membantu meningkatkan energi tubuh Anda.

Edamame rendah kalori, tapi mengandung banyak serat, protein dan karbohidrat. Selain itu, edamame mengandung vitamin dan mineral.

Mengonsumsi edamame dapat meningkatkan energi tubuh. Edamame juga mengandung mangan, asam folat dan zat besi yang berkontribusi untuk menjaga tingkat energi tubuh, serta mengurangi kelelahan dan dampak anemia.

loading...

9. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bisa menjadi pilihan untuk makanan ringan Anda karena kaya akan gizi dan dapat meningkatkan energi tubuh.

And bisa mengonsumsi kacang-kacangan seperti walnut, almond ataupun kacang mete. Jenis kacang-kacangan tersebut memiliki kandungan kalori, karbohidrat, lemak sehat, dan kaya protein.

Barbagai kandungan yang ditemukan dalam kacang tersebut seperti karbohidrat, protein, zat besi, mangan, serat, vitamin B dan vitamin E berperan dalam menghasilkan energi tubuh, meningkatkan produksi energi dan mengurangi tingkat kelelahan.

Selain itu juga terdapat kandungan antioksidan, asam lemak omega-3 dan omega-6 yang bermanfaat untuk meningkatkan tingkat energi, mencegah bahaya oksidasi dan mengatasi masalah peradangan.

10. Strawberry

Konsumsi strawberry juga dapat menghasilkan energi tubuh. Hal itu karena strawberry mengandung karbohidrat, serat dan gula alami.

Strawberry
Photo credit: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Strawberries.jpg

Selain itu, mengonsumsi strawberry bermanfaat untuk mengurangi tingkat kelelahan.

11. Oatmeal

Oatmeal adalah sereal gandum utuh, mengonsumsinya akan menghasilkan energi yang bisa bertahan seharian.

Oatmeal kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin B, mangan dan zat besi yang berkontribusi di dalam proses produksi energi tubuh.

Konsumsi oatmeal juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Hal itu karena oatmeal mengandung beta-glucan, itu merupakan serat larut yang nantinya membentuk gel tebal di dalam tubuh.

Gel tebal ini memiliki fungsi berupa memperlambat proses pengosongan perut dan penyerapan glukosa ke dalam darah.

12. Jeruk

Jeruk sudah umum diketahui mengandung banyak vitamin C. Kandungan senyawa antioksidan di dalam jeruk berfungsi untuk menangkal efek buruk dari stres oksidatif.

Stres oksidatif memberikan dampak negatif bagi tubuh, salah satunya membuat seseorang mudah lelah.

Dengan begitu, mengonsumsi jeruk yang kaya akan antioksidan bermanfaat untuk mengurangi kelelahan pada tubuh, meningkatkan kinerja fisik dan aktivitas Anda seharian.

Adapun minuman-minuman yang dapat meningkatkan energi yaitu air putih, yogurt, teh hijau dan kopi.

Minum air putih yang cukup harus dilakukan dalam setiap harinya, kurang minum mengakibatkan dehidrasi dan fungsi tubuh menurun sehingga Anda akhirnya merasa lesu, lemas dan mudah lelah.

Teh hijau dan kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan energi tubuh. Kandungan kafein bisa dengan cepat berpindah dari aliran darah ke otak, yang nantinya memberikan efek menenangkan pada sistem saraf pusat.

Yoghurt mengandung karbohidrat dalam bentuk gula sederhana (seperti galaktosa dan laktosa). Saat dipecah, gula ini menghasilkan energi tubuh secara instan.

Selain itu, yogurt mengandung protein, vitamin B2 dan B12 yang sangat penting untuk tubuh, dan memiliki kontribusi dalam mempertahankan kestabilan energi tubuh untuk menjalan aktivitas sehari-hari.

Referensi:
Semeco, Arlene. Health Line (Healthline.com). 27 Foods That Can Give You More Energy. 2017. Diakses 21 Agustus 2018.


Demikianlah Artikel 12 Makanan yang Meningkatkan Energi Tubuh Secara Instan

Sekianlah artikel 12 Makanan yang Meningkatkan Energi Tubuh Secara Instan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel 12 Makanan yang Meningkatkan Energi Tubuh Secara Instan dengan alamat link https://www.wallpaperramp.com/2018/08/12-makanan-yang-meningkatkan-energi.html
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment