Cara Tetap Sehat Walaupun Duduk Lama Saat Bekerja

Cara Tetap Sehat Walaupun Duduk Lama Saat Bekerja

Cara Tetap Sehat Walaupun Duduk Lama Saat Bekerja - Hallo sahabat Tabloid Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Tetap Sehat Walaupun Duduk Lama Saat Bekerja, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aktifitas, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Cara Tetap Sehat Walaupun Duduk Lama Saat Bekerja
link : Cara Tetap Sehat Walaupun Duduk Lama Saat Bekerja

Baca juga


Cara Tetap Sehat Walaupun Duduk Lama Saat Bekerja

Memang pekerjaan seperti di kantor atau depan komputer akan menuntut karyawan duduk dalam waktu yang lama, selama dalam waktu kerja.

Tentunya duduk terlalu lama merupakan hal yang kurang baik. Ada beberapa dampak negatif yang bisa timbul.

Bekerja di Kantor
Photo credit: https://pixabay.com/id/pengusaha-komputer-laki-laki-kantor-2326419/

Bahkan duduk terlalu lama bisa memicu penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, ginjal dan stroke.

Adapun hal yang umum dirasakan akibat sering duduk yaitu nyeri di leher, sakit punggung, dan gangguan fungsi metabolik tubuh.

Bagi Anda yang memang bekerja seharian di depan komputer atau berposisi duduk, berikut beberapa tips yang perlu diketahui:

Biasakan Untuk Melakukan Peregangan
Saat Anda sedang sibuk-sibuknya dengan komputer tempat Anda bekerja, tapi jangan sampai lupa untuk melakukan peregangan.

Usahakan Anda melakukan peregangan dalam setiap 10-20 menit sekali. Dengan melakukannya maka bermanfaat agar sendi dan otot tubuh tidak kaku, serta merenggangkannya.

Hal ini berguna untuk mencegah timbulnya rasa nyeri. Gerakan yang bisa Anda lakukan yaitu menarik kedua lengan ke atas sehingga punggung meregang.

Untuk gerakan lainnya, lakukan dengan posisi berdiri dan tangan di pinggang, lalu tarik punggung ke belakang sebanyak beberapa kali (lima kali atau lebih).

Pastikan Setiap 30 Menit Berdiri
Ini sangat penting, jangan sampai Anda selama 3 jam duduk secara terus menerus. Usahakan setiap 20-30 menit Anda berdiri dan berjalan-jalan sejenak (2-3 menit).

Bisa juga Anda berdiri dan berjalan-jalan sembari melakukan peregangan.

Dengan berdiri maka membuat otot tubuh aktif dan sedikit banyak membantu untuk membakar kalori tubuh.

Dengan melakukan beberapa gerakan sederhana manfaatnya sangat besar dalam mencegah penyakit berbahaya seperti stroke, penyakit jantung dan metabolik.

Untuk Anda yang bekerja di kantor, Anda bisa naik turun lantai dengan menggunakan tangga, jangan mengandalkan lift karena membuat tubuh Anda manja sehingga rentan terhadap serangan penyakit.

Hal Lainnya yang Penting Diketahui
Saat bekerja di kantor selama 7-12 jam dalam sehari. Pastikan saat bekerja Anda melakukan gerakan peregangan pada bahu.

Lalu biasakan untuk duduk dalam posisi tegak, hal ini untuk kebaikan tulang belakang tubuh Anda.

Selain itu, Anda juga harus minum lebih banyak air putih karena sangat baik untuk kesehatan. Dan tentunya, untuk mendapatkan air maka Anda perlu berjalan ke tempat dispenser yang menyediakan air minum.

Itu adalah beberapa hal yang penting Anda terapkan di kantor. Adapun setelah Anda pulang ke rumah maka pasitkan untuk melakukan olahraga ringan (seperti jogging, jalan-jalan sore, dll).

Tidak perlu lama-lama, selama 15 menit saja sudah sangat bagus jika dilakukan rutin setiap hari.

Adapun ketika weekend maka Anda hendaknya melakukan olahraga pagi, seperti lari pagi, jogging, bersepeda, berenang atau sekedar jalan-jalan pagi bersama keluarga.


Demikianlah Artikel Cara Tetap Sehat Walaupun Duduk Lama Saat Bekerja

Sekianlah artikel Cara Tetap Sehat Walaupun Duduk Lama Saat Bekerja kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Cara Tetap Sehat Walaupun Duduk Lama Saat Bekerja dengan alamat link https://www.wallpaperramp.com/2018/08/cara-tetap-sehat-walaupun-duduk-lama.html
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment