Kunci Utama Anak Tumbuh Tinggi & Cerdas

Kunci Utama Anak Tumbuh Tinggi & Cerdas

Kunci Utama Anak Tumbuh Tinggi & Cerdas - Hallo sahabat Tabloid Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kunci Utama Anak Tumbuh Tinggi & Cerdas, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Parenting, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Kunci Utama Anak Tumbuh Tinggi & Cerdas
link : Kunci Utama Anak Tumbuh Tinggi & Cerdas

Baca juga


Kunci Utama Anak Tumbuh Tinggi & Cerdas

Sangat penting memperhatikan kecukupun gizi anak. Hal ini agar pertumbuhan dan perkembangannya berjalan dengan maksimal, sehingga anak tumbuh menjadi sosok yang kuat fisik dan mentalnya.

Anak-anak yang kekurangan asupan gizi akan mengalami gangguan pertumbuhan.

Anak Cerdas
Photo credit: Maxpixel.net

Untuk bayi, maka harus mendapatkan asupan ASI saat masa-masa emasnya. Minuman ASI sangat penting untuk pertumbuhan bayi.

Beberapa makanan sehat untuk anak-anak, yang berkontribusi besar untuk perkembangan kecerdasan dan pertumbuhan tinggi badan anak, yaitu:

Bayam
Orang tua harus memotivasi anak agar suka dengan sayuran bayam. Bayam sudah disepakati para ahli gizi termasuk “makanan super” yang sangat disarankan dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Bayam menyediakan kandungan zat besi dan kalsium yang tinggi. Selain itu, mengonsumsi bayam bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sang anak.

Telur
Anak-anak juga perlu mengonsumsi telur untuk perkembangannya. Telur mengandung protein, kolin, omega 3, vitamin D, vitamin B12 dan asam folat.

Telur dikenal dengan kandungan protein-nya yang tinggi. Protein dibutuhkan untuk membangun sel-sel tubuh.

Telur mengandung lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat untuk kesehatan mata anak.

Kandungan kolin dan omega 3 di dalam telur bermanfaat penting untuk perkembangan otak anak, dan meningkatkan daya ingat.

Kandungan vitamin D berkontribusi untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Kandungan vitamin B12 dan asam folat untuk kesehatan sistem syaraf dan perkembangan otak.

Susu
Anak-anak juga harus didorong untuk mengonsumsi susu. Hal itu karena susu merupakan sumber kalsium yang berperan penting untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang.

Beberapa makanan lainnya yang sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak yaitu wortel, kacang kedelai, gandum, yoghurt, dan buah-buahan.

Buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi anak-anak yaitu:
  • Pisang (sumber utama kalium untuk melancarkan aliran darah sehingga konsentrasi anak meningkat)
  • Alpukat (kaya akan vitamin E dan antioksidan kuat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan)
  • Pepaya (kaya akan vitamin C)
  • Buah Naga (mengandung zat besi, kalsium dan vitamin A)
  • Mangga (kaya akan vitamin A dan vitamin C)

Mangga juga mengandung asam glutamin tinggi yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan daya ingat.

Anda bisa memberikan beberapa jenis buah-buahan secara bervariasi pada anak. Selain itu, dorong anak untuk sering mengosumsi sayuran.

Hal Penting Lainnya

Agar pertumbuhan tinggi badan anak berjalan dengan baik maka berikan anak asupan yang kaya akan zat besi, kalsium, protein dan vitamin A.

Selain itu dorong anak agar melakukan olahraga secara rutin. Beberapa olahraga yang bisa ditawarkan pada anak yaitu jogging, berenang, bersepeda, permainan olahraga (seperti futsal, basket), atau sekedar jalan santai.

Pastikan anak memiliki jam tidur yang cukup di malam hari, jangan sampai anak tidur larut malam karena anak mengganggu tumbuh kembangnya.

Usahan anak agar tidur nyenyak dan lelap, selain itu matikan lampu saat tidur karena sangat sehat. Tidur sebagai proses penting bagi tumbuh kembang anak.

Saat tidur, tubuh memproduksi hormon penting yang berfungsi untuk memulihkan sel-sel tubuh serta membangun otot dan jaringan tubuh.

Jika anak memperoleh kualitas tidur yang baik maka dapat memaksimalkan tingkat kecerdasan anak.

Para ahli telah menjelaskan bahwa tidur berkualitas dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, kewaspadaan dan ketenangan berfikir.

Berikut hal-hal lainnya yang harus diketahui agar tumbuh kembang anak berjalan dengan baik:
  • Jauhi anak dari paparan asap rokok.
  • Jauhi anak dari berbagai polusi, misalnya polusi di jalan raya, dll.
  • Berikan kasih sayang yang tulus dan maksimal kepada anak, agar mental dan fisik anak tumbuh dengan baik.
  • Batasi konsumsi makanan kurang sehat seperti junk food, fast food, mie instan, gorengan, dll.
  • Didik anak agar lebih mengutamakan konsumsi makanan sehat.


Demikianlah Artikel Kunci Utama Anak Tumbuh Tinggi & Cerdas

Sekianlah artikel Kunci Utama Anak Tumbuh Tinggi & Cerdas kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Kunci Utama Anak Tumbuh Tinggi & Cerdas dengan alamat link https://www.wallpaperramp.com/2018/08/kunci-utama-anak-tumbuh-tinggi-cerdas.html
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment