13 Manfaat Mandi Pagi yang Luar Biasa

13 Manfaat Mandi Pagi yang Luar Biasa

13 Manfaat Mandi Pagi yang Luar Biasa - Hallo sahabat Tabloid Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 13 Manfaat Mandi Pagi yang Luar Biasa, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aktifitas, Artikel Lifestyle, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : 13 Manfaat Mandi Pagi yang Luar Biasa
link : 13 Manfaat Mandi Pagi yang Luar Biasa

Baca juga


13 Manfaat Mandi Pagi yang Luar Biasa

Mandi pagi merupakan hal yang sangat penting dilakukan agar tubuh menjadi segar, bersih dan bersemangat sebelum menjalani aktivitas padat seharian.

Orang yang tidak mandi pagi maka peformanya tidak akan maksimal. Dengan mandi pagi membuat pikiran lebih jernih.

Mandi Pagi
Photo: https://www.pexels.com/photo/black-shower-head-switched-on-161502/

Mandi pagi memberikan segudang manfaat, berikut di bawah ini penjelasannya:

1. Membuat Lebih Bahagia

Penelitian menemukan bahwa membiasakan mandi pagi dengan air dingin (air biasa) selama 2-3 menit dapat meningkatkan mood dan membuat jiwa lebih bahagia.

Manfaat ini bisa diperoleh secara maksimal jika Anda telah terbiasa mandi pagi, setidaknya Anda telah dua minggu melakukan mandi pagi secara berturut-turut.

Pada penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Department of Radiation Oncology di Virginia Commonwealth University School of Medicine, menemukan bahwa mandi pagi dengan air biasa akan menstimulasi bagian biru di otak. Itu merupakan bagian penting dari noradrenaline yang fungsinya memunculkan rasa bahagia dan meredakan depresi.

2. Meningkatkan Produktivitas

Untuk Anda yang sudah mulai bekerja di pagi hari, mandi pagi berguna sekali agar produktivitas kerja Anda maksimal.

Mandi pagi membuat Anda semangat. Bahkan pada sebuah survei yang dilakukan Herbal Essences pada lebih dari 1000 wanita.

Sekitar 90 persen wanita mengatakan bahwa mandi pagi menjadikan diri mereka lebih positif dalam menjalani aktivitas sehari-hari.


3. Menyegarkan Tubuh dan Jiwa

Mandi pagi akan menyegarkan tubuh, meredakan rasa kantuk, dan meningkatkan detak jantung yang melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

Untuk membuat tubuh segar, selain bisa diperoleh dengan cara mandi pagi menggunakan air biasa, juga bisa diperoleh dengan air hangat.

Dengan begitu, jika Anda sedang ada halangan menggunakan air biasa, maka Anda bisa memilih alternatif untuk menggunakan air hangat.

Tapi secara umum biasakan diri Anda mandi dengan air biasa.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Banyak pakar kesehatan mengatakan bahwa mandi pagi ampuh membuat tubuh lebih segar. Dan penelitian terbaru juga menyebutkan bahwa mandi pagi dapat melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Walaupun mungkin sebagian orang merasa “tersiksa” karena mandi pagi menimbulkan sensasi kedinginan, tapi jika sudah terbiasa mandi pagi akan membuat tubuh lebih kuat, tidak mudah sakit, dan proses pemulihan tubuh lebih cepat.

Sistem kekebalan tubuh akan meningkat jika Anda telah terbiasa mandi pagi.

5. Membuat Tubuh Lebih Energik

Menyiramkan air di atas kepala saat pagi hari akan memberikan “sentakan” secara cepat ke sistem saraf pusat, yang membantu Anda lebih merasa energik saat pagi hari.

Pada sebuah studi yang diterbitkan di jurnal PLOS One, menemukan adanya peningkatan energi tubuh setelah orang-orang melakukan mandi pagi, yang bahkan sama efektifnya ketika seseorang mengonsumsi kafein (seperti kopi, teh dan semacamnya).

Peningkatan energi tubuh dipacu oleh percepatan aliran darah di dalam tubuh dan peningkatan detak jantung.

6. Meningkatkan Kesuburan

Pada penelitian yang dilakukan oleh para ahli di University of California, diketahui bahwa para lelaki yang terbiasa mandi pagi memiliki produksi sp*rma yang maksimal.

Hanya saja para lelaki untuk mendapatkan manfaat ini harus mandi pagi dengan air dingin (air biasa). Adapun mandi air hangat tidak akan memberikan manfaat ini.

Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa mandi pagi dapat meningkatkan jumlah sp*rma pada pria. Oleh karena itu, para pria yang ingin kesuburannya meningkat maka biasakan untuk mandi pagi.

Berbagai manfaat lainnya mandi pagi:
  • Membuat pikiran lebih jernih.
  • Memperbaiki kondisi kulit dan rambut.
  • Meningkatkan kewaspadaan atau kehati-hatian.
  • Meningkatkan sirkulasi darah.
  • Memperbaiki suasana hati.
  • Meredakan dan menghilangkan stress.
  • Mengurangi dan mencegah rasa nyeri.

Referensi:
Dokter Sehat (doktersehat.com). Suka Mandi Air Dingin Ternyata Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh?. Diakses: 22 September 2018.
Wisnuwardani, Dyah Puspita. Liputan 6 (liputan6.com). 2015. Ingin Cantik dan Bahagia? Mandi Pagi Jawabannya. Diakses: 22 September 2018.
Dan referensi lainnya.


Demikianlah Artikel 13 Manfaat Mandi Pagi yang Luar Biasa

Sekianlah artikel 13 Manfaat Mandi Pagi yang Luar Biasa kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel 13 Manfaat Mandi Pagi yang Luar Biasa dengan alamat link https://www.wallpaperramp.com/2018/09/13-manfaat-mandi-pagi-yang-luar-biasa.html
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment