Bahaya Merokok pada Sistem Tubuh, Banyak yang Belum Tahu!

Bahaya Merokok pada Sistem Tubuh, Banyak yang Belum Tahu!

Bahaya Merokok pada Sistem Tubuh, Banyak yang Belum Tahu! - Hallo sahabat Tabloid Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bahaya Merokok pada Sistem Tubuh, Banyak yang Belum Tahu!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Lifestyle, Artikel Penyakit, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Bahaya Merokok pada Sistem Tubuh, Banyak yang Belum Tahu!
link : Bahaya Merokok pada Sistem Tubuh, Banyak yang Belum Tahu!

Baca juga


Bahaya Merokok pada Sistem Tubuh, Banyak yang Belum Tahu!

Perokok sulit berhenti merokok walalupun sudah ada banyak himbauan tentang segudang bahaya rokok.

Umumnya efek buruk merokok tidak langsung terasa, namun sifatnya jangka panjang.

Rokok
Photo credit: Maxpixel.net

Jika dampak buruk merokok telah muncul, maka menimbulkan penderitaan yang berat. Selain itu, penyakit akibat kebiasaan merokok biasanya sulit disembuhkan.

Munculnya penyakit akibat merokok seringnya pada usia tua (45 tahun keatas), walaupun akhir-akhir ini sudah muncul banyak kasus orang-orang yang terkena dampak buruk merokok pada usia muda.

Merokok menyebabkan kerusakan pada sistem saraf pusat secara perlahan

Di dalam rokok terdapat zat nikotin yang bisa mencapai otak dalam beberapa detik lalu menimbulkan rasa semangat, tapi hanya sementara.

Setelah efek semangat tersebut menghilang, maka yang muncul yaitu mudah merasa lelah dan timbul rasa candu.

Zat nikotin memiliki efek candu. Hal inilah yang menyebabkan banyak perokok yang kesusahan untuk bisa berhenti merokok.

Jika sudah sering mengonsumsi nikotin, bahayanya sangat banyak yaitu menurunnya fungsi kognitif,  sering stres, timbul kecemasan yang parah, dan mudah terpancing emosi (marah-marah).

Merokok Merusak Sistem Pernapasan

Zat-zat yang terdapat di dalam rokok sangat membahayakan kesehatan dan fungsi organ paru-paru.

Di dalam rokok terkandung zat berbahaya seperti tar, nikotin, dll. Jika zat-zat tersebut mengenai paru-paru maka dapat merusak organ tersebut.

Paru-paru merupakan organ yang sangat penting, jika paru-paru tertutup secara terus-menerus oleh nikotin maka dampaknya sangat buruk.

Asap rokok mengandung 7.000 zat kimia dan terdapat 69 bahan karsinogenik yang menyebabkan penyakit kronik.

Merokok awalnya akan mengganggu fungsi silia. Silia yang sering disebut bulu getar berfungsi sebagai pembersih saluran napas, yang akan menangkal masuknya benda asing ke saluran napas bagian dalam.

Ribuan zat kimia yang terkandung di dalam asap rokok akan dianggap sebagai benda asing dan disaring oleh silia. Hal ini membuat silia akan bekerja terlalu keras.

Jika kebiasaan merokok berlangsung dalam waktu lama, menyebabkan fungsi silia menurun, hingga akhirnya tidak lagi berfungsi.

Dampaknya perokok akan sering batuk dan sering mengeluarkan dahak. Lebih buruk lagi, perokok akan terkena resiko penyakit bronkitis kronis, PPOK, hingga kanker paru-paru.

PPOK adalah penyempitan saluran napas kronik. Jika semakin sering frekuensi merokok maka resiko PPOK semakin tinggi.

Perokok juga berisiko terkena kanker paru-paru. Lebih dari 80% penderita kanker paru-paru pada pria disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Merusak Sistem Kardiovaskular

Kandungan nikotin di dalam rokok dapat membahayakan sistem kardiovaskular. Dampak zat berbahaya tersebut adalah menyempitkan penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah di dalam tubuh terhambat.

Penyempitan pembuluh darah lama kelamaan menyebabkan peripheral arterial dan gangguan jantung secara umum.

Komplikasi yang bisa muncul yaitu melemahnya dinding pembuluh darah, meningkatkan tekanan darah dan terjadi penggumpalan darah. Jika ini terjadi bisa menyebabkan resiko penyakit stroke.

Kerusakan Kulit Tubuh

Kebiasaan merokok menyebabkan perubahan pada struktur kulit. Bahkan penelitian menunjukan bahwa merokok bisa menyebabkan risiko kanker kulit.

Zat-zat di dalam rokok menimbulkan efek negatif pada penampilan kuku, rambut (kebotakan), dan kulit tubuh.

Gangguan lainnya yang ditimbulkan rokok:
  • Gangguan sistem pencernaan tubuh.
  • Resistensi insulin penyebab diabetes tipe 2.
  • Gangguan (menurunnya) hormon s*ks.


Demikianlah Artikel Bahaya Merokok pada Sistem Tubuh, Banyak yang Belum Tahu!

Sekianlah artikel Bahaya Merokok pada Sistem Tubuh, Banyak yang Belum Tahu! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Bahaya Merokok pada Sistem Tubuh, Banyak yang Belum Tahu! dengan alamat link https://www.wallpaperramp.com/2018/09/bahaya-merokok-pada-sistem-tubuh-banyak.html
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment