Bahaya Sering Minum Kopi Panas

Bahaya Sering Minum Kopi Panas

Bahaya Sering Minum Kopi Panas - Hallo sahabat Tabloid Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bahaya Sering Minum Kopi Panas, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aktifitas, Artikel Makanan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Bahaya Sering Minum Kopi Panas
link : Bahaya Sering Minum Kopi Panas

Baca juga


Bahaya Sering Minum Kopi Panas

Saat kondisi cuaca dingin maka minum kopi panas menjadi pilihan banyak orang karena memberikan kenikmatan yang besar.

Hanya saja terlalu sering minum kopi panas akan menimbulkan dampak buruk.

Kopi Panas
Photo: https://pixabay.com/id/kopi-minum-piala-muda-pagi-1354786/

Membuat kopi tentunya dengan cara diseduh bersama air mendidih karena akan membuat kopi menjadi benar-benar matang dan lebih nikmat. Hanya saja hindari mengonsumsi kopi saat panasnya (suhunya) masih diatas 60 derajat Celcius.

Dampak buruk dari minum kopi yang masih sangat panas yaitu akan melukai mulut, bahkan bisa menyebabkan terjadinya kanker.

Perlu diketahui bahwa WHO (World Health Organization) menyebutkan salah satu penyebab kanker yaitu mengonsumsi minuman yang sangat panas.

Selain itu, WHO juga menyebutkan penyebab kanker lainnya yaitu paparan polusi udara dan radiasi sinar UV (matahari).

Para ilmuwan menyebutkan bahwa orang-orang yang sering mengonsumsi minuman panas bersuhu 65 derajat Celcius atau lebih terkena resiko kanker esophagus (tenggorokan) lebih tinggi dibandingkan orang-orang yang mengonsumsi minuman panas di bawah suhu 65 derajat Celcius.

Resiko kanker tersebut bisa lebih besar pada orang-orang yang memiliki kebiasaan buruk merokok.

Air yang sangat panas bisa menyebabkan luka di jaringan halus kerongkongan, dampaknya bisa memicu siklus pertumbuhan sel menjadi lebih cepat. Kondisi ini juga bisa memicu resiko lain yang sangat berbahaya, yaitu tumbuhnya sel ganas yang sangat cepat.

Menurut International Agency for Research on Cancer (IARC), kopi tidak diklasifikasikan sebagai karsinogen (penyebab kanker). Namun IARC mengungkapkan bahwa minum kopi panas dapat menyebabkan resiko kanker.

Penjelasan IARC ini berdasarkan dari penelaahan terhadap banyak studi yang telah dilakukan para ilmuwan (lebih dari 1000 studi).

IARC juga menyebutkan bahwa mengonsumsi minuman sangat panas akan memicu kanker kerongkongan.

Tidak hanya kopi, secara umum minuman sangat panas (di atas suhu 65 derajat celsius) merupakan karsinogenik yang memicu resiko kanker.

Dr. Otis Brawley dari The American Cancer Society, mengatakan bahwa konsumsi kopi yang sangat panas akan langsung menyerang mulut, tenggorokan, kerongkongan hingga lambung. Dampaknya akan sangat buruk pada organ-organ tubuh tersebut.

Sebagai penutup, hendaknya Anda bersabar sejenak menunggu hingga suhu kopi aman dikonsumsi.

Jangan terburu-buru dalam menyeruput kopi, meminumnya secara perlahan akan membuat lebih nikmat.

Referensi:
Tania. IDN TIMES (idntimes.com). 2018. Kamu Akan Berpikir Ulang Minum Kopi Panas Setelah Mengetahui Fakta Ini. Diakses: 29 September 2019.
Saputra, Helmi Ade. Okezone Lifestyle (okezone.com). 2016. Awas, Minum Kopi Panas Bisa Memicu Kanker!. Diakses: 29 September 2019.


Demikianlah Artikel Bahaya Sering Minum Kopi Panas

Sekianlah artikel Bahaya Sering Minum Kopi Panas kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Bahaya Sering Minum Kopi Panas dengan alamat link https://www.wallpaperramp.com/2018/09/bahaya-sering-minum-kopi-panas.html
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment