Ciri-Ciri Perut Kembung Tidak Normal, Bisa Mengarah Penyakit Berbahaya

Ciri-Ciri Perut Kembung Tidak Normal, Bisa Mengarah Penyakit Berbahaya

Ciri-Ciri Perut Kembung Tidak Normal, Bisa Mengarah Penyakit Berbahaya - Hallo sahabat Tabloid Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ciri-Ciri Perut Kembung Tidak Normal, Bisa Mengarah Penyakit Berbahaya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Penyakit, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Ciri-Ciri Perut Kembung Tidak Normal, Bisa Mengarah Penyakit Berbahaya
link : Ciri-Ciri Perut Kembung Tidak Normal, Bisa Mengarah Penyakit Berbahaya

Baca juga


Ciri-Ciri Perut Kembung Tidak Normal, Bisa Mengarah Penyakit Berbahaya

Saat kembung, perut akan terasa penuh atau juga bergas. Pada dasarnya masalah perut kembung dapat pulih dengan sendirinya.

Beberapa penyebab munculnya rasa kembung pada perut yaitu telalu banyak minum air, adanya gangguan pencernaan, atau juga karena sedang dalam masa haid.

Perut Kembung
Photo credit: Shutterstock.com / By Billion Photos

Hanya saja ketika Anda mengalami perut kembung, Anda tetap harus memperhatikannya dengan baik (jangan mengabaikannya).

Perut kembung biasanya terjadi karena masuk angin, sehingga seringkali orang-orang menyepelekan masalah perut kembung. Padahal, tidak semua perut kembung disebabkan oleh masuk angin atau hal-hal ringan.

Tetap Berhati-Hati
Perut kembung bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang serius jika terdapat gejala-gejala yang tidak wajar.

Apa saja ciri-ciri perut kembung yang tidak wajar (tidak normal)?

Perut kembung yang dialami bisa saja menjadi tanda penyakit celiac, jika perut kembung yang dialami disertai dengan masalah penurunan berat badan secara drastis.

Penyakit celiac merupakan semacam penyakit autoimun, yang dampaknya bisa merusak lapisan usus halus dan mengganggu proses penyerapan nutrisi di dalam tubuh.

Selain penurunan berat badan secara tidak wajar (drastis), berikut ciri-ciri lainnya perut kembung yang tidak normal:
  • Mengalami kram perut yang parah di sisi kiri bawah perut. Ini bisa menjadi pertanda diverkulitis.
  • Mengalami nyeri panggul. Ini bisa menjadi pertanda kanker ovarium.
  • BAB berdarah. Ini bisa menjadi pertanda adanya peradangan pada usus.
  • Keputihan yang berbau tidak sedap.

Keterangan Tambahan
Diverkulitis adalah peradangan (atau infeksi) yang terjadi pada satu atau lebih kantong kecil di saluran pencernaan.

Perut kembung yang disertai dengan nyeri panggul bisa menjadi tanda kanker ovarium, beberapa hal lain yang mungkin dirasakan yaitu rasa kenyang padahal baru akan makan, dan ingin BAB setelah makan.

Hal ini terjadi karena penumpukan cairan di perut (asites) dan adanya tekanan akibat ovarium yang membesar mengarah ke bagian perut atau panggul.

Jika Perut kembung disertai BAB berdarah, itu bisa menjadi pertanda peradangan usus ataupun penyakit crohn. Tanda lain yang mungkin muncul yaitu ruam kemerahan pada kulit dan tubuh mudah lelah.

Jika perut kembung disertai keputihan berbau tidak sedap, itu bisa menjadi tanda penyakit radang panggul.


Perut Kembung Bisa Menjadi Tanda Penyakit Jantung

Anda harus berhati-hati jika gejala perut kembung terus terjadi, ada kemungkinan itu merupakan tanda adanya kelainan jantung.

Pembuluh darah LAD (Left Anterior Descending) merupakan pembuluh darah yang menuju ke bagian depan dan bawah jantung.

Jika terjadi hambatan atau penyumbatan pada pembuluh darah LAD, dampaknya memang menimbulkan gejala yang agak sama dengan gejala masuk angin.

Namun bersamaan dengan itu, muncul rasa tidak nyaman pada lambung. Beberapa gejala lain yang mungkin terjadi yaitu denyut nadi yang cepat dan munculnya keringat dingin.

Jika Anda mengalami beberapa gejala berupa kembung pada perut, merasa masuk angin, rasa sakit pada lambung, denyut nadi sangat cepat dan muncul keringat dingin, itu bisa menjadi tanda kelainan jantung.

Perut Kembung Bisa Menjadi Tanda Gangguan Lambung

Perut kembung bisa terjadi akibat menurunnya kinerja lambung, proses pengosongan lambung yang melambat (gangguan), atau melemahnya kontraktilitas lambung.

Terjadinya perut kembung bisa karena adanya permalasahan pada enzim di lambung. Peran enzim yaitu menghancurkan makanan untuk masuk ke sistem pencernaan tubuh.

Jika terjadi kekurangan jumlah enzim di dalam lambung, menyebabkan proses pencernaan makanan berjalan tidak baik (fungsi pencernaan tubuh tidak maksimal).

Gangguan lambung bisa semakin buruk akibat kurangnya aktivitas fisik sehingga proses metabolisme tubuh sangat lambat.

Hal Penting Lainnya

Jika Anda mengalami perut kembung maka perhatikan gejala dengan baik. Pastikan perut kembung yang dialami masih menampakan gejala-gejala yang wajar, bukan mengarah ke penyakit serius tertentu.

Saat mengalami perut kembung, hindari minuman bersoda dan beralkohol.

Selain itu hindari asupan kurang sehat seperti junk food, gorengan, makanan instan, serta makanan tinggi kandungan minyak dan lemak.

Referensi:
Andini, Widya Citra. Hello Sehat (hellosehat.com). Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Ciri Perut Kembung yang Tidak Normal. Direview oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum. Diakses 1 September 2018.
Dokter Sehat (doktersehat.com). Perut Kembung Bisa Jadi Gejala Penyakit Jantung!. Diakses 1 September 2018.


Demikianlah Artikel Ciri-Ciri Perut Kembung Tidak Normal, Bisa Mengarah Penyakit Berbahaya

Sekianlah artikel Ciri-Ciri Perut Kembung Tidak Normal, Bisa Mengarah Penyakit Berbahaya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Ciri-Ciri Perut Kembung Tidak Normal, Bisa Mengarah Penyakit Berbahaya dengan alamat link https://www.wallpaperramp.com/2018/09/ciri-ciri-perut-kembung-tidak-normal.html
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment