20 Makanan yang Mengandung Serat Tinggi dan Menyehatkan

20 Makanan yang Mengandung Serat Tinggi dan Menyehatkan

20 Makanan yang Mengandung Serat Tinggi dan Menyehatkan - Hallo sahabat Tabloid Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 20 Makanan yang Mengandung Serat Tinggi dan Menyehatkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Makanan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : 20 Makanan yang Mengandung Serat Tinggi dan Menyehatkan
link : 20 Makanan yang Mengandung Serat Tinggi dan Menyehatkan

Baca juga


20 Makanan yang Mengandung Serat Tinggi dan Menyehatkan

Asupan serat sangatlah penting. Salah satu langkah awal untuk memulai pola makan sehat yaitu mengonsumsi serat yang mencukupi kebutuhan tubuh.

Manfaat asupan serat yaitu menyehatkan pencernaan tubuh, mengatasi sembelit, menurunkan kadar gula darah, membantu menurunan berat badan, dll.

Asupan harian yang direkomendasikan yaitu 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Namun, kebanyakan orang hanya memenuhi setengahnya yaitu 15-17 gram serat per hari.

Meningkatkan asupan serat sebenarnya relatif mudah. Berikut daftar makanan sehat berserat tinggi yang disarankan dikonsumsi:

1. Brokoli

Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang termasuk superfood karena kandungan gizinya yang sangat tinggi.

Brokoli mengandung serat, vitamin C, vitamin B, vitamin K, folat, potassium, zat besi dan mangan. Brokoli mengandung tinggi protein dibandingkan dengan kebanyakan sayuran.

Selain itu brokoli mengandung antioksidan kuat yang melawan perkembangan kanker di dalam tubuh.

Kandungan serat sayuran brokoli: 2,4 gram per cangkir; atau 2,6 gram per 100 gram brokoli.


2. Buah Pir

Buah Pir


Buah pir cukup populer, rasanya lezat dan memiliki gizi yang cukup tinggi. Pir merupakan salah satu sumber serat buah terbaik.

Selain kandungan serat dan kadar air tinggi, buah pir juga banyak mengandung zat antioksidan yang bermanfaat untuk memperkuat imunitas tubuh dan manfaat lainnya.

Kandungan serat buah pir: 5,5 gram dalam buah ukuran sedang; atau 3,1 gram per 100 gram buah pir.



3. Chickpeas (Kacang Arab)

Chickpeas


Kacang arab (chickpeas) mengandung nutrisi yang cukup tinggi, termasuk mineral, protein dan serat.

Sebagai sumber yang kaya vitamin, mineral dan serat, chickpeas memberikan banyak manfaat kesehatan seperti mengurangi risiko beberapa penyakit, menjaga fungsi pencernaan, dan membantu penurunan berat badan.

Selain itu, buncis memiliki serat dan protein tinggi sehingga bisa menjadi alternatif yang sangat baik untuk daging.

Kandungan serat: 12,5 gram per cangkir (dalam keadaan matang); atau 7,6 gram per 100 gram.


4. Alpukat

Buah Alpukat

Alpukat agak berbeda dari kebanyakan buah, dimana alpukat mengandung lemak sehat.

Selain itu alpukat memiliki kandungan serat, vitamin C, vitamin E, kalium, magnesium, dan berbagai vitamin B.

Mengonsumsi alpukat memberikan banyak manfaat kesehatan yaitu untuk menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, kesehatan mata, mencegah osteoporisis, dll

Makan alpukat juga memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah Anda makan berlebihan.

Kandungan serat alpukat: 10 gram dalam satu cangkir; atau 6,7 gram per 100 gram.


5. Stroberi

Stroberi

Stroberi sangat lezat, selain itu juga memberikan manfaat kesehatan. Buah stroberi kaya akan kandungan serat, vitamin C, mangan, dan banyak senyawa antioksidan.

Kandungan serat buah stroberi sangat tinggi mengingat juga kandungan kalorinya yang rendah.

Satu cangkir buah stroberi mengandung 3 gram serat, itu setara dengan 2 gram serat per 100 gram stroberi.


loading...

6. Apel

Buah Apel

Apel relatif tinggi serat, di dalam apel penuh dengan serat yang disebut pektin. Apel juga mengandung senyawa antioksidan yang membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan akibat oksidasi radikal bebas.

Manfaat makan apel yaitu mencegah alzheimer, mengurangi kolesterol, menyehatkan jantung, mencegah kanker, mengurangi kerusakan gigi dengan cara membasmi bakteri jahat, mencegah sembelit dan diare.

Kandungan serat buah apel: 4,4 gram dalam apel berukuran sedang; atau 2,4 gram per 100 gram apel.


7. Jagung

Jagung

Jika Anda ingin meningkatkan asupan serat Anda, jagung bisa menjadi makanan ringan terbaik yang disarankan untuk Anda makan. Jagung mengandung tinggi serat dan kalori.

Jagung mudah kita dapatkan dengan harga yang relatif murah. Jagung umumnya diolah dengan cara direbus, dibakar ataupun dijadikan popcorn.

Jagung baik untuk kesehatan pencernaan berkat kandungan serat di dalamnya.

Selain itu manfaat makan jagung yaitu mencegah anemia, sumber energi tubuh, menurunkan kolesterol LDL, menjaga kesehatan tulang, kesehatan mata dan menurunkan resiko alzheimer.


8. Kacang Lentil

Kacang Lentil

Kacang lentil harganya cukup murah tapi termasuk makanan bergizi di dunia. Kacang ini sangat tinggi protein dan nutrisi penting lainnya, termasuk kandungan serat yang juga tinggi.

Anda bisa makan kacang ini secara langsung (tanpa diolah terlebih dahulu), adapun jika ingin diolah maka cukup dimasak sederhana.

Kandungan kacang lentil yaitu air, protein, serat, karbohidrat, kalium, magnesium, kalsium, zat besi, vitamin B1, B4, B3, B2, E, dan C.

Kandungan serat kacang lentil: 15,6 gram per cangkir lentil yang dimasak; atau 7,9 per 100 gram kacang lentil.



9. Raspberry

Raspberry

Raspberry sarat dengan vitamin C, mangan dan serat. Raspberry juga tinggi zat antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal efek buruk akibat radikal bebas pada tubuh.

Manfaat makan raspberry yaitu menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan serat: Satu cangkir raspberry mengandung 8 gram serat; atau 6,5 gram per 100 gram raspberry.


10. Biji Chia

Biji Chia

Biji chia adalah biji hitam kecil yang sebenarnya sudah sangat populer di komunitas kesehatan alami. Biji chia sangat bergizi, mengandung magnesium, fosfor, kalsium dan serat.

Biji chia bahkan dikatakan makanan sumber serat terbaik di dunia. Biji chia juga mengandung sejumlah antioksidan kuat seperti quercetin,asam klorogenik, asam caffeic dan kaempferol.

Senyawa antioksidan tersebut berperan penting dalam memerangi penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Kandungan serat biji chia: 10,6 gram per ons biji chia kering; atau 34,4 gram per 100 gram.


11. Cokelat Hitam

Cokelat Hitam

Cokelat hitam adalah salah satu makanan yang sangat lezat. Selain itu, cokelat hitam sebenarnya kaya akan nutrisi, bahkan mengandung antioksidan kuat yang penting bagi tubuh.

Tentunya dalam memilih cokelat hitam maka hindari produk yang penuh dengan tambahan gula karena malah tidak sehat untuk tubuh.

Kandungan serat cokelat hitam: 3,1 gram dalam potongan 1-ons; atau 10,9 gram per 100 gram.


Loading...

12. Pisang

Pisang

Pisang kaya akan kandungan serat, vitamin C, vitamin B6, dan kalium. Anda disarankan makan pisang secara rutin.

Beberapa manfaat makan pisang yaitu sebagai sumber energi yang baik, menjaga kestabilan tekanan darah, membantu mengatur denyut jantung, menjaga kesehatan jantung. mencegah stroke, meringankan tugas pembersihan darah oleh ginjal, dll.

Pisang berukuran sedang mengandung 3,1 gram serat; atau 2,6 gram per 100 gram pisang.


13. Ubi Jalar

Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki rasa manis yang lezat, makanan ini sebenarnya cukup populer di dunia, di dalamnya terkandung beta-karoten, vitamin B, mineral dan serat.

Ubi jalar ukuran sedang (tanpa kulit) mengandung 3,8 gram serat; atau 2,5 gram per 100 gram.


14. Kacang Almond

Kacang Almond

Kacang almond mengandung banyak nutrisi seperti lemak sehat, vitamin E, mangan, magnesium dan serat.

Dalam satu ons kacang almond mengandung 3,4 gram serat, yang setara dengan 12,5 gram serat per 100 gram kacang almond.



15. Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal adalah makanan biji-bijian yang sangat sehat karena mengandung tinggi vitamin, mineral, dan antioksidan.

Dengan mengonsumsi semangkok oatmeal saat sarapan, akan memberikan energi penuh untuk menjalankan aktivitas sehari penuh.

Oatmeal memiliki kandungan serat unik yang bernama beta-glucan. Jenis serat ini berperan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, gula, dan insulin dalam darah.

Selain itu, oat juga mengandung antioksidan yang melindungi kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, menstabilkan gula darah pada penderita diabetes dan mencegah sembelit.

Walaupun makan oatmeal banyak manfaatnya, tapi banyak orang yang tidak menyukai oatmeal karena rasanya cenderung hambar. Untuk mengatasinya, campurkan tambahan seperti stroberi, pisang, apel atau bluberi ke dalam oatmeal.


16. Wortel


Wortel

Wortel adalah sayuran akar berwarna orange yang lezat, renyah dan bergizi tinggi. Di dalamnya terkandung vitamin K, vitamin B6, magnesium dan beta-karoten (jenis antioksidan yang diubah menjadi vitamin A saat di dalam tubuh).

Wortel tinggi kandungan serat dan rendah kalori. Satu cangkir wortel mengandung 3,6 gram serat, ini setara dengan 2,8 gram serat per 100 gram wortel.


17. Kacang Edamame

Kacang Edamame

Edamame adalah salah satu dari banyak kacang yang mengandung tinggi serat. Hanya setengah cangkir kacang edamame memiliki empat gram serat.

Anda bisa mengonsumsi kacang edamame saat santai sebagai camilan. Pada satu gelas kacang edamame (isinya saja tanpa kulit) mengandung 8 gram serat.


18. Roti Gandum Utuh

Roti Gandum Utuh

Satu irisan roti gandum utuh mengandung sekitar 4 atau 5 gram serat. Roti gandum ini memiliki warna kecokelatan.

Roti gandum utuh semakin banyak dipilih karena dinilai lebih sehat dan mengandung serat lebih banyak. Di sebagian negara, roti gandum dilengkapi dengan biji-bijian di atasnya sehingga terlihat lebih menarik, plus lebih kaya nutrisi.

Roti gandum dibuat dari biji gandum utuh yang merupakan sumber karbohidrat sehingga mengenyangkan dan bagus dikonsumsi saat sarapan pagi.

Roti gandum utuh mengandung vitamin B, serat, protein, karbohidrat, antioksidan, zat besi dan magnesium.

Saat ingin membeli roti gadum utuh maka perhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Jika bahan pertama tertulis “diperkaya tepung gandum putih” atau “tepung gandum” maka itu berarti produk tidak menggunakan gandum utuh.

Hati-hati dan teliti saat memilih, jangan terkecoh dengan tulisan “100% alami” atau semacamnya di kemasan.

Banyak produk roti gandum yang mengecoh seakan-akan terbuat dari gandum utuh, padahal hanya dibuat dari tepung gandum biasa.


19. Kacang Merah

Kacang Merah

Satu gelas kacang merah matang memberikan sekitar 11 gram serat. Selain itu kacang merah mengandung potasium yang tinggi, zat besi, antioksidan dan folat.

Serat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, adapun potassium dalam kacang merah baik untuk kesehatan jantung, membantu jantung berdetak dengan baik (jika Anda memiliki masalah dengan ritme jantung), dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Kacang merah mengandung serat tidak larut yang melancarkan pencernaan sehingga mencegah sembelit dan melancarkan pembuangan racun dari dalam tubuh.


20. Buah Blackberry

Buah Blackberry

Dalam secangkir buah blackberry mengandung 8 gram serat. Ini termasuk makanan lezat dengan tampilan menarik yang disarankan dikonsumsi.

Manfaat makan blackberry yaitu meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga fungsi organ pencernaan, menghambat pertumbuhan sel kanker, menjaga kesehatan mata, melancarkan BAB, mencegah penyakit jantung, anemia dan diabetes.


Penutup

Serat adalah nutrisi penting yang dapat bermanfaat untuk membantu penurunan berat badan, menurunkan kadar gula darah dan mencegah konstipasi.

Kebanyakan orang tidak memenuhi asupan harian serat yang disarankan yaitu 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria.



Demikianlah Artikel 20 Makanan yang Mengandung Serat Tinggi dan Menyehatkan

Sekianlah artikel 20 Makanan yang Mengandung Serat Tinggi dan Menyehatkan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel 20 Makanan yang Mengandung Serat Tinggi dan Menyehatkan dengan alamat link https://www.wallpaperramp.com/2018/10/20-makanan-yang-mengandung-serat-tinggi.html
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment