10 Cara Menjaga Suasana Hati Saat Bangun Pagi

10 Cara Menjaga Suasana Hati Saat Bangun Pagi

10 Cara Menjaga Suasana Hati Saat Bangun Pagi - Hallo sahabat Tabloid Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 10 Cara Menjaga Suasana Hati Saat Bangun Pagi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aktifitas, Artikel Tidur Sehat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : 10 Cara Menjaga Suasana Hati Saat Bangun Pagi
link : 10 Cara Menjaga Suasana Hati Saat Bangun Pagi

Baca juga


10 Cara Menjaga Suasana Hati Saat Bangun Pagi

Bangun pagi merupakan awal untuk memulai aktivitas harian. Tentunya Anda ingin bangun pagi dalam keadaan yang fresh dan penuh semangat tinggi.

Jangan sampai suasana hati buruk saat pagi hari, karena akan menurunkan performa Anda dalam menjalankan aktivitas panjang seharian.

Bangun Pagi Semangat
Bangun Pagi Semangat | Photo credit: Shutterstock.com / By Andrey_Popov

Berikut tips agar bisa bangun pagi dalam keadaan fresh dan penuh semangat:

1. Jangan Tidur Larut Malam

Ini penting, jangan sampai Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas lainnya sehingga mengorbankan waktu tidur.

Tidur malam yang baik dimulai sekitar jam 21.00 (jam 9 malam). Adapun tidur larut malam (misalnya jam 12 malam) akan berdampak buruk untuk kesehatan.

Selain membahayakan kesehatan, tidur larut malam menyebabkan tubuh saat bangun tidur terasa lemas, tidak bersemangat dan suasana hati buruk, tentunya Anda tidak mau kan?

Oleh karena itu, lakukan tidur malam secara rutin pada jam 9 malam sehingga Anda akan merasa bersemangat saat pagi hari.

2. Hentikan Penggunaan Gadget 30 Menit Menjelang TIdur

Smartphone
Smartphone

Kurangi aktivitas saat malam hari, dan menjelang tidur jauhkan smartphone atau perangkat elektronik lainnya dari diri Anda.

Waktu malam hendaknya dimanfaatkan secara optimal untuk istirahat, dan pastikan sebelum tidur Anda melakukan gosok gigi serta cuci tangan-kaki.


3. Bersihkan Debu di Atas Tempat Tidur

Jangan langsung tidur saja, kibas-kibaskan sprei dan alas tidur sehingga bersih dari debu-debu, sehingga tidur menjadi nyaman.

Selain itu untuk kenyamanan,  ganti baju Anda dengan baju tidur yang bersih. Sesekali Anda juga disarankan mandi air hangat 1-2 jam sebelum tidur.

4. Matikan Lampu

Hendaknya Anda tidur dalam kondisi gelap atau mematikan lampu, sehingga akan membuat tidur lebih nyaman, nyenyak dan berkualitas.

Tidur dalam keadaan gelap membantu Anda bangun pagi dalam keadaan semangat.

Sebagai motivasi, berikut manfaat tidur dalam keadaan gelap:
  • Meningkatkan produksi hormon melatonin yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tidur nyenyak.
  • Membuat tubuh menjadi rileks dan mencegah stres. Adapun tidur dalam keadaan lampu menyala beresiko menimbulkan stres/depresi.
  • Membuat suasana hati baik dan jiwa bersemangat saat bangun. Lancarnya produksi hormon melatonin di dalam tubuh merangsang peningkatan hormon serotonin yang fungsinya menjaga mood tetap baik.
  • Mencegah pikun atau mudah lupa. Tidur dalam keadaan terang mengakibatkan otak selalu menerima respon cahaya yang diterima mata, akibatnya otak kurang istirahat.

5. Lakukan Rutinitas Olahraga

Olahraga
Olahraga

Rutinitas olahraga saat pagi hari bermanfaat untuk membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas

Jika Anda saat bangun pagi merasa kurang fresh dan kurang semangat, mungkin Anda perlu olahraga.

Olahraga menjadikan tubuh sehat dan fit, sehingga membuat tidur Anda nyenyak dan bangun dalam keadaan bersemangat.

6. Duduk Sebentar Setelah Bangun Tidur

Jangan langsung berdiri setelah Anda bangun tidur, hendaknya duduk dahulu selama 1-2 menit, sembari menarik nafas panjang lalu menghembuskannya dan juga bersihkan ‘belek’ mata.

Setelah 1-2 menit duduk lalu barulah berdiri, Anda bisa melakukan sedikit peregangan.

Loading...

7. Mandi

Dengan melakukan mandi pagi akan membersihkan badan dan merefesh pikiran. Setelah tubuh terkena air maka rasa kantuk akan hilang/berkurang.

Jangan sampai Anda memulai aktivitas harian tanpa melakukan mandi pagi.

8. Rapihkan Tempat Tidur

Tempat Tidur
Tempat Tidur

Tahukah Anda dengan melihat kondisi ruangan dan tempat tidur yang rapih akan memberikan rasa rileks/tenang dan mebuat Anda lebih bersemangat dalam memulai pekerjaan di pagi hari.

9. Minum Air Putih

Saat pagi hari setelah bangun tidur hendaknya Anda meminum air putih, jangan langsung minum kopi/teh. Minum air putih bermanfaat besar bagi kesehatan, dan juga membuat Anda lebih fresh di pagi hari.

10. Sarapan

Sarapan akan memberikan energi bagi tubuh dalam menjalan aktivitas pagi hari.

Berbagai manfaat lainnya sarapan pagi:
  • Pikiran bisa lebih fokus/konsentrasi.
  • Menjaga mood (suasana hati) yang baik.
  • Jiwa lebih bersemangat dan daya pikir meningkat saat pagi hari.
  • Memperkuat kekebalan tubuh (mencegah tubuh mudah jatuh sakit).


Demikianlah Artikel 10 Cara Menjaga Suasana Hati Saat Bangun Pagi

Sekianlah artikel 10 Cara Menjaga Suasana Hati Saat Bangun Pagi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel 10 Cara Menjaga Suasana Hati Saat Bangun Pagi dengan alamat link https://www.wallpaperramp.com/2019/01/10-cara-menjaga-suasana-hati-saat.html
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment